MANAJEMEN PENDIDIKAN MENUJU MADRASAH YANG POPULIS
MANAJEMEN PENDIDIKAN MENUJU MADRASAH YANG POPULIS
Oleh: A. Tafsir
Dalam sebuah sekolah, madrasah, atau satuan kerja apa pun, manajemen
yang baik diperlukan, terutama oleh pemimpin satuan kerja itu. Dalam hal
madrasah, kepala madrasah adalah orang yang paling penting memiliki
manajemen yang efektif. Karena itu pembahasan berikut ini ialah tentang
manajemen kepala madrasah.
Salah satu tugas kepala madrasah ialah
“menjual” madrasah agar sebanyak mungkin orang tua murid tamatan SD atau
Ibtida`iyah memasukkan anaknya ke Tsanawiyah. Yang dimaksud dengan
“menjual” ialah mempromosikan. Tidak hanya komoditi dagang yang perlu
dipromosikan, program juga perlu dipromosikan. Kepala madrasah harus
menjelaskan (dengan berbagai cara) kepada orang tua calon murid apa
keunggulan madrasah termasuk Madrasah Tsanawiyah, dengan itu orang tua
calon murid mengetahui apa untungnya mereka menyekolahkan anaknya di
Madrasah Tsanawiyah. Anda perlu mempromosikan; Anda tidak boleh menganut
filsafat emas: emas tidak perlu dipromosikan, emas adalah emas, di
manapun tempatnya, apapun pembungkusnya orang pasti tahu bahwa itu
adalah emas.
Dalam medesain manajemen madrasah (termasuk Madrasah Tsanawiyah), hal-hal berikut ini perlu sekali dipertimbangkan: (1) hakikat madrasah, (2) tujuan madrasah, (3) program pendidikan madrasah, (4) proses pendidikan di madraah, (5) evaluasi hasil pendidikan madrasah.
Dalam medesain manajemen madrasah (termasuk Madrasah Tsanawiyah), hal-hal berikut ini perlu sekali dipertimbangkan: (1) hakikat madrasah, (2) tujuan madrasah, (3) program pendidikan madrasah, (4) proses pendidikan di madraah, (5) evaluasi hasil pendidikan madrasah.
(1) Hakikat Madrasah
Kata madrasah menjadi kata yang lebih terkenal karena kata ini ada di dalam UU No.2/1989 tentang sisdiknas. Di situ dikatakan bahwa madrasah ialah sekolah umum berciri khas agama Islam. Sejak UU itu diberlakukan kita mengenal dua macam sekolah umum yaitu sekolah dan madrasah. Sekolah ialah sekolah umum yang terdiri atas SD, SMP, SMA/SMK sementara madrasah ialah sekolah umum yang terdiri atas MI, MTs, dan MA/MAK Tidak ada perbedaan antara sekolah dan madrasah baik pada tujuan maupun kurikulumnya; perbedaannya terletak pada system. Madrasah memakai system islami sedangkan sekolah memakai system -mungkin- pancasilais.
Kata madrasah menjadi kata yang lebih terkenal karena kata ini ada di dalam UU No.2/1989 tentang sisdiknas. Di situ dikatakan bahwa madrasah ialah sekolah umum berciri khas agama Islam. Sejak UU itu diberlakukan kita mengenal dua macam sekolah umum yaitu sekolah dan madrasah. Sekolah ialah sekolah umum yang terdiri atas SD, SMP, SMA/SMK sementara madrasah ialah sekolah umum yang terdiri atas MI, MTs, dan MA/MAK Tidak ada perbedaan antara sekolah dan madrasah baik pada tujuan maupun kurikulumnya; perbedaannya terletak pada system. Madrasah memakai system islami sedangkan sekolah memakai system -mungkin- pancasilais.
Oleh karena itu di dalam UU Nomor 20/2003
dikatakan bahwa Madrasah Ibtida`iyah itu sama dengan SD; Madrasah
Tsanawiyah itu sama dengan SMP; Madrasah Aliyah itu sama dengan SMA;
definisi madrasah seperti yang disebut dalam UU No.2/89 tidak ada dalam
UU No.20/2003. Karena perbedaan hanya pada system maka kita dapat
mengatakan bahwa MI itu sama dengan SDI; Mts itu sama dengan SMPI; MA
itu sama dengan SMAI. MIN itu sama dengan SDIN; MtsN itu sama dengan
SMPIN; MAN itu sama dengan SMAIN.
Kurikulum madrasah dan sekolah persis
sama; termasuk jam pelajaran agama yaitu sama-sama dua jam. Dan jam
agama ini jangan ditambah. Lantas mengapa disebut madrasah bila sama?
Yang tidak sama ialah sistemnya seperti disebut di atas tadi. Di
Madrasah itu semuanya harus islami, berpakaian islami, berkata-kata
islami, peraturan-peraturan harus islami, pergaulan sehari-hari islami,
pelaksanaan ibadah harus islami, teori-teori pengetahuan yang diajarkan
harus pula islami. Pokoknya madrasah itu adalah sekolah islami.
(2) Tujuan Pendidikan Madrasah
Tujuan pendidikan di madrasah sama dengan di sekolah. Karena sistemnya islami maka murid-muridnya harus menjadi muslim yang sempurna. Bila disederhanakan maka tujuan pendidikan madrasah sama dengan tujuan sekolah tetapi dengan keimanan yang tahan banting. Masih sering orang mengatakan kalau anak sekolah nakal, hal itu biasa; tetapi anak madrasah tidak boleh nakal, karena system islami itu tidak mungkin memberi peluang muridnya nakal. Jadi, murid tamatan MA mutunya sama dengan murid tamatan SMA tetapi dengan keimanan yang tahan banting. Murid tamatan MTs sama dengan murid tamatan SMP tetapi dengan keimanan yang tahan banting.
Tujuan pendidikan di madrasah sama dengan di sekolah. Karena sistemnya islami maka murid-muridnya harus menjadi muslim yang sempurna. Bila disederhanakan maka tujuan pendidikan madrasah sama dengan tujuan sekolah tetapi dengan keimanan yang tahan banting. Masih sering orang mengatakan kalau anak sekolah nakal, hal itu biasa; tetapi anak madrasah tidak boleh nakal, karena system islami itu tidak mungkin memberi peluang muridnya nakal. Jadi, murid tamatan MA mutunya sama dengan murid tamatan SMA tetapi dengan keimanan yang tahan banting. Murid tamatan MTs sama dengan murid tamatan SMP tetapi dengan keimanan yang tahan banting.
(3) Program
Untuk mencapai tujuan itu, yaitu penguasaan pengetahuan dan keterampilan umum sama dengan sekolah plus keimanan yang tahan banting, perlu disediakan program (kurikulum dalam pengertian luas) yang sesuai. Kurikulum umum (pengetahuan umum dan keterampilan umum) sekurang-kurangnya sama dengan kurikulum sekolah, lebihnya ialah di madrasah harus ditambah dengan kurikulum untuk menanamkan keimanan sehingga tercapai tujuan berkeimanan yang tahan banting tadi.
Untuk mencapai tujuan itu, yaitu penguasaan pengetahuan dan keterampilan umum sama dengan sekolah plus keimanan yang tahan banting, perlu disediakan program (kurikulum dalam pengertian luas) yang sesuai. Kurikulum umum (pengetahuan umum dan keterampilan umum) sekurang-kurangnya sama dengan kurikulum sekolah, lebihnya ialah di madrasah harus ditambah dengan kurikulum untuk menanamkan keimanan sehingga tercapai tujuan berkeimanan yang tahan banting tadi.
Jam pelajaran agama cukup dua jam. Ya,
sama dengan di sekolah. Bahasa Inggeris dan Matematika sebaiknya
ditambah masing-masing 1 jam pelajaran lebih banyak dari pada yang ada
di sekolah. Itu dengan cara menambah jam pelajaran dua jam setiap
minggu, bukan dengan mengurangi jam mata pelajaran lain, dan bukan
dengan mengurangi lamanya jam pelajaran. Penambahan 1 jam pelajaran itu
dilakukan sementara madrasah masih terpaksa menerima murid yang mutunya
kurang bagus.
(4) Proses
Proses pendidikan di madrasah sama saja dengan di sekolah. Perbedaannya ialah kegiatan penanaman iman di madrasah berlangsung sepanjang hari plus kerjasama dengan orang tua murid secara intensif.
Proses pendidikan di madrasah sama saja dengan di sekolah. Perbedaannya ialah kegiatan penanaman iman di madrasah berlangsung sepanjang hari plus kerjasama dengan orang tua murid secara intensif.
Penanaman keimanan itu tidak dapat
dilakukan melalui proses pengajaran kognitif; penanaman keimanan itu
dilakukan melalui peneladanan, pembiasaan, pemotivasian, mungkin melalui
penegakan hukum dan sebagainya. Kesemuanya teknik itu dirangkum dalam
metode internalisasi. Metode internalisasi itu metode yang tepat untuk
menanamkan iman yang kuat. Yang meneladankan, membaiasakan, memotivasi,
dan lain-lain itu ialah kepala sekolah, semua guru, semua pegawai
sekolah, tukang sapu, penjaga sepeda, juga ibu-ibu yang berjualan di
kantin sekolah; di rumah peneladan itu dilakukan terutama oleh ayah dan
ibu murid itu.
Mungkin ada orang yang belum tahu bahwa
pendidikan keimanan dan ketakwaan itu sebenarnya adalah tugas Diknas,
pengajaran agama dilakukan oleh Depag atas nama Diknas. Jadi, adalah
wajib hukumnya seluruh aparat Diknas, terutama yang ada di sekolah itu
untuk melaksanakan pendidkan keimanan dan ketakwaan.
(5) Evaluasi
Evaluasi hasil pendidikan di madrasah sama juga dengan yang di sekolah. Perbedaan mungkin terletak pada evaluasi hasil penanaman iman. Dalam garis besarnya evaluasi hasil pendidikan keimanan itu dilakukan dengan portofolio; penilaian dilakukan secara terus menerus (progressive assessment).
Evaluasi hasil pendidikan di madrasah sama juga dengan yang di sekolah. Perbedaan mungkin terletak pada evaluasi hasil penanaman iman. Dalam garis besarnya evaluasi hasil pendidikan keimanan itu dilakukan dengan portofolio; penilaian dilakukan secara terus menerus (progressive assessment).
Bila madrasah dimanej seperti itu sudah
dapat dipastikan akan banyak murid yang masuk madrasah. Pada tahun 1990
saya pernah meramal bahwa bila madrasah itu dimanej dengan baik maka SD,
SMP, SMA itu nanti akan bubar, muridnya akan pindah ke madrasah, atau
akan kekurangan muird sementara madrasah akan kebanjiran murid. Ramalan
saya itu telah banyak buktinya; sudah banyak SDN yang kekurangan murid
bahkan tidak dapat murid sama sekali sementara MI di dekatnya kebanjiran
murid. Sudah semakin banyak MA yang menjadi pilihan pertama sebelum
SMAN, jadi MAN sebagai pilihan pertama.
Mengapa madrasah lebih baik dari pada
sekolah? Karena madrasah dapat menjamin muridnya tidak nakal. Bila
prestasi di bidang pengetahuan umum sama dengan sekolah, apalagi lebih
baik, sementara kenakalan lebih kecil kemungkinannya di madrasah, tentu
saja orang tua murid akan memasukkan anaknya ke madrasah. Tidak ada
orang tua murid yang ingin anaknya nakal. Jadi kuncinya ialah: mutu
pendidikan umum sama dengan sekolah, lebihnya ialah ada jaminan tidak
nakal. Bisakah? Harus, karena madrasah itu ialah sekolah islami; MI itu
adalah SD Islami; Mts itu adalah SMP Islami, MA itu adalah SMA Islami.
Harus bisa. Itulah cara menjual madrasah, itulah cara mempromosikan
madrasah. Ya, itu memerlukan manager yang hebat. Siapa manager itu?
Kepala sekolah
0 komentar:
Posting Komentar